Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

KKN UNRAM Gelar Sosialisasi Irigasi Tetes di Desa Ketangga


Lotim, SKI- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PMD Universitas Negeri Mataram (Unram) gelar sosialisasi manfaat irigasi Tetes guna mengatasi permasalahan lahan kerinh di Desa Ketangga, Kec. Suwela, Kab. Lombok Timur. 

Sosialisasi digelar pada Kamis 1 Agustus 2024 tersebut mengangkat tema "Penerapan Irigasi tetes Guna Mendukung Kegunaan Air yang Efisien"

Ketua KKN Hendri Hermawan mengatakan Acara ini bertujuan mengembangkan inovasi pengairan lahan pertanian untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air.

Lanjut Hendri, pihaknya memilih tema ini lantaran pernah melihat salah seorang warga di desa ketangga yang menguji coba sistem irigasi tetes di ladang yang digarapnya. Oleh karena itu, Hendri merasa perlu mengadakan sosialisasi.

 "Perlu gebrakan baru dalam pertanian lahan kering agar tidak kalah dari daerah lain. Irigasi tetes adalah langkah konkret mengatasi masalah ini." Ujarnya, saat memberi sambutan. 

Lebih jauh Hendri menceritakan, sebelum sosialisasi, kelompok KKN melakukan uji coba irigasi tetes sederhana dan memantau perkembangannya.

Dalam Sosialisasi ini, pihak KKN mengundang Dinas Pertanian Lombok Timur, Bapak Lalu Muhammad Zainudin SP, selaku narasumber. 

Zainudin menjelaskan, pengairan dengan irigasi tetes memiliki  kelebihan dan kekurangan. 

"Tergantung jenis komoditi yang bisa dikembangkan" ujarnya 

"Pak Eros juga berbagi pengalamannya" tambahnya..

Sementara itu, Sosialisasi tersebut disambut baik oleh warga dan pemerintah desa. 

Hal ini terlihat dari antusias warga yang menghadiri acara serta dari banyaknya pihak tamu undangan yang berpartisipasi dalam sesi tanya-jawab.

"Kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama petani. Terima kasih kepada KKN yang telah mengadakan acara ini." Tutup Hanafi, Sekeretaris Desa Ketangga

Penulis: KKN UNRAM.                                      Hendri Hermawan                                            Tuti Alawiyah

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement